PENGARUH POTONGAN HARGA,PROMOSI,KUALITAS PRODUK DAN HARGATERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KIOS DEWI MAKMUR PASAR LEBAK (STUDI KASUS KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KIOS SNACK KILOAN DEWI MAKMUR BOYOLALI)

  • Dewi Arum Sari Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
  • Nuning Lisdiana Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
  • A. Fidhdiarr Ariestanto TNK Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
Keywords: Potongan Harga, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui adanya pengaruh variabel promosi ( X1 ), kualitas produk ( X2 ), harga ( X3 ) dan potongan harga ( X4 ) yang akan mempengaruhi keputusan pembelian keputusan pembelian di Kios Snack Kiloan Dewi Makmur Pasar Lebak. Penelitian ini menggunakan daftar pustaka, dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, serta menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam data ini ialah 100 Orang konsumen dengan menggunakan metode sampel jenuh, di Kios Snack Kiloan Dewi Makmur di Pasar Lebak.

Uji regresi linier berganda dengan memakai SPSS 22. Dan seterusnya akan dilihat, seberapa besar pegaruh variabel  promosi ( X1 ), kualitas produk ( X2 ), harga ( X3 ) dan potongan harga ( X4 ) yang akan mempengaruhi keputusan pembelian pada pengujian hipotesis. Selanjutnya hasil dari uji regresi linear berganda (RSquare) didapatkan nilai Adjusted R Square sebesar 37,2%. Dapat dijelaskan bahwa 37,2% variabel tersebut mempengaruhi keputusan pembelian Produk Dewi Makmur. Sedang selisihnya 62,8%, dipengaruhi oleh variabel lain yaitu : kepuasan konsumen, lokasi dan kualitas pelayanan.

Penelitian ini memberikan hasil variabel keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh keempat variabel tersebut berdasarkan hasil dari uji parsial (Uji t) berpengaruh signifikan, terhadap variabel keputusan pembelian yang terjadi di Kios Snack Kiloan Dewi Makmur Pasar Lebak.

ABSTRACT

This is study aims to ‘’determine and prove the effect of compensation, discounts, prices, promotions and product quality on purchasing decision at the Kiloan Snack Kiosk Dewi Makmur Pasar Lebak’’. This research using quantitative research method with the collection of data through the technique of questionnaires and library data. The sample in this data 100 Consumers at Kiloan Snack Kiosk Dewi Makmur in Lebak Market using the saturated sample method.

 The data analysis technique used in multiple linear regression using SPSS 22. Furthermore, it is seen how much influence the price discount, price, promotion and product quality have on purchasing decisions on hypothesis testing. From the resuls of multiple linear regression test, the adjusted R square value is 37,2%. So it can be explained that 37,2% of the variable price discounts, price, promotions and produt quality influence purchasing decisions. While the difference is 62,8% influenced by other variables, namely location, customer satisfaction and service quality.

 The results of this study conclude that discounted price, prices, promotions and product quality through partial testing have a ‘’significant effect on purchasing decisions at the Dewi Makmur Kiloan Snacks stall in Lebak Market’’.

Published
2021-12-30
How to Cite
Sari, D. A., Lisdiana, N., & Ariestanto TNK, A. F. (2021). PENGARUH POTONGAN HARGA,PROMOSI,KUALITAS PRODUK DAN HARGATERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KIOS DEWI MAKMUR PASAR LEBAK (STUDI KASUS KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KIOS SNACK KILOAN DEWI MAKMUR BOYOLALI). EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), 204-211. https://doi.org/10.36596/ekobis.v9i2.467
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)