PENGARUH PROMOSI, BIAYA, FASILITAS, AKREDITASI, DAN LOKASI UNIVERSITAS BOYOLALI TERHADAP MINAT CALON MAHASISWA BARU

  • Triyono Triyono Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
  • Dasmadi Dasmadi Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
  • A. Fidhdiarr Ariestanto TNK Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
Keywords: Promosi, Biaya, Fasilitas, Akreditasi, Lokasi

Abstract

Judul Penelitian ini adalah Pengaruh Promosi, Biaya, Fasilitas, Akreditasi, dan Lokasi Universitas Boyolali Terhadap Minat Calon Mahasiswa Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lokasi, biaya pendidikan, fasilitas, dan promosi Universitas Boyolali mempengaruhi minat siswa/siswi kelas 3 SMA di Kabupaten Boyolali untuk melanjutkan jenjang kuliah di Universitas Boyolali. Universitas Boyolali (UBY) merupakan satu-satunya Universitas di Kabupaten Boyolali. Di UBY terdapat 5 (lima) Fakultas yang sudah terakreditasi, yaitu; Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan dan, Fakultas Ilmu Komputer. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan yaitu adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan regresih berlipat ganda. meskipun representatif yang pergunakan yaitu non probobility representatif nang memakai absolut sebanyak 362 responden. Berdasarkn hasil dari penelitiaan ini bahwa Promosi (X1), Biaya (X2), Fasilitas (X3), Akreditasi (X4), dan lokasi (X5) secara simultan mempengaruhi minat calon mahasiswa baru terhadap Universitas Boyolali dengan nilai nilai Sig. ( 0,000 ) < dari α ( alfa ) = 0,05. Sbagian hasil uji membuktikan bahwa hanya variabel lokasi dan fasilitas  yang mempunyai pengaruh dalam sigmifikan terhadap minat calon mahasiswa baru yaitu dengan nilai < 0,05.

 

The title of this research is the Influence of Promotion, Fees, Facilities, Accreditation, and Location of Boyolali University on the Interests of Prospective New Students. This research aims to find out if the location, cost of education, facilities, and promotion of Boyolali University affects the interest of high school students/students in Boyolali District to continue their studies at Boyolali University. Boyolali University (UBY) is the only university in Boyolali Regency. In UBY there are 5 (five) accredited faculties, namely; Faculty of Economics, Faculty of Law, Faculty of Agriculture, Faculty of Animal Husbandry and, Faculty of Computer Science. In this study the type of research used is descriptive research using quantitative approach. The analytical techniques used in this study are with multiple regressions. While the sample used is a non probability sample that uses a total of 362 respondents. Based on the results of this study that Promotions (X1), Fees (X2), Facilities (X3), Accreditation (X4), and location (X5) simultaneously affect the interest of prospective new students towards Boyolali University with sig value. ( 0.000 ) < from α ( alpha ) = 0.05. Some of the test results showed that only variable locations and facilities had an influence on the interest of prospective freshman with a value of <0.05.

Published
2021-12-30
How to Cite
Triyono, T., Dasmadi, D., & Ariestanto TNK, A. F. (2021). PENGARUH PROMOSI, BIAYA, FASILITAS, AKREDITASI, DAN LOKASI UNIVERSITAS BOYOLALI TERHADAP MINAT CALON MAHASISWA BARU. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), 220-229. https://doi.org/10.36596/ekobis.v9i2.460
Section
Articles