PENGARUH TAKTIK PEMASARAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA KURSUS PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN BY ANDINI KEC. CEPOGO, KAB. BOYOLALI

  • Tumini Tumini Fakultas Universitas Boyolali
  • Listyowati Puji Rahayu Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
  • Nuning Lisdiana Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
Keywords: Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Kepuasan Peserta Kursus

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai analisa solusi pada rumusan masalah yang  meliputi: bagaimana pengaruh pilihan program (product), penentuan harga (price), penentuan lokasi (place) dan pengaruh promosi (promotion) terhadap kepuasaan peserta kursus di  LKP  By Andini Kec. Cepogo, Kab. Boyolali. Populasi dalam penelitian ini para peserta kursus dan alumni peserta kursus pada LKP tahun 2020/2021. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif berupa teknik pengumpulan  data dengan instrumen  kuisioner  (skala likert), observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Sampel yang digunakan dalam  penelitian ini adalah simple random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak dengan jumlah sampel 92 responden. Hasil  dari data yang dikumpulkan diolah dengan  program SPSS For Windows. Berdasarkan olah data pada penelitian ini  menunjukan bahwa : pengaruh Taktik  pemasaran  (X)  yang terdiri dari variabel produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), promosi (X4) secarabersama–samamemilikipengaruh terhadap kepuasan peserta kursus  (Y).

Published
2023-07-12
How to Cite
Tumini, T., Rahayu, L. P., & Lisdiana, N. (2023). PENGARUH TAKTIK PEMASARAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA KURSUS PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN BY ANDINI KEC. CEPOGO, KAB. BOYOLALI. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 50-61. https://doi.org/10.36596/ekobis.v11i1.628
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>