Yogyakarta – Pada hari yang penuh semangat ini, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Boyolali melaksanakan Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sleman, Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan bagian integral dari program pendidikan yang bertujuan untuk memberikan wawasan praktis dan mendalam mengenai sistem pemasyarakatan di Indonesia.

Setibanya di Lapas Kelas IIB Sleman, rombongan mahasiswa disambut dengan hangat oleh pihak lapas. Acara dimulai dengan sesi pengenalan yang menjelaskan sejarah, fungsi, dan tujuan dari lapas tersebut. Mahasiswa mendapatkan penjelasan detail tentang struktur organisasi lapas, tata kelola, serta proses rehabilitasi dan reintegrasi yang dijalankan untuk warga binaan.

Dalam kunjungan ini, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Boyolali diberi kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan petugas lapas dan warga binaan. Mereka juga berkesempatan menyaksikan berbagai kegiatan pembinaan yang berlangsung di dalam lapas, mulai dari pelatihan keterampilan kerja, program pendidikan, hingga layanan kesehatan. Semua aspek ini dirancang untuk memastikan bahwa warga binaan memiliki bekal yang cukup ketika kembali ke masyarakat.

Kunjungan ini memberikan pengalaman nyata dan pemahaman mendalam tentang kehidupan di dalam lapas. Mahasiswa belajar mengenai tantangan yang dihadapi dalam sistem pemasyarakatan, serta bagaimana pendekatan yang humanis dan rehabilitatif dapat memberikan dampak positif bagi warga binaan. Selain itu, mereka juga memahami pentingnya peran hukum dalam konteks pemasyarakatan, serta bagaimana hukum diterapkan secara praktis dalam situasi nyata.

Melalui interaksi dan diskusi dengan petugas lapas, mahasiswa mendapat gambaran yang jelas tentang pentingnya integritas dan etika dalam profesi hukum. Pengalaman ini tidak hanya memperkaya wawasan akademis mereka, tetapi juga membentuk karakter dan sikap yang lebih empati serta tanggap terhadap hak asasi manusia.

Kunjungan Kerja Lapangan ke Lapas Kelas IIB Sleman ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Boyolali. Diharapkan, apa yang telah dipelajari selama kunjungan ini dapat menjadi bekal penting dalam perjalanan akademis dan profesional mereka di masa depan. Teruslah berjuang, belajar, dan berkontribusi demi tegaknya hukum dan keadilan di Indonesia.

FakultasHukum #UniversitasBoyolali #KKL #LapasSleman #SistemPemasyarakatan #HukumDanKeadilan #PendidikanHukum #PengalamanPraktis