ANALISIS BRAND IMAGE, ATRIBUT PRODUK DAN HARGA PRODUK TERHADAP PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR HONDA TYPE BEAT TAHUN 2020 DI KABUPATEN BOYOLALI

  • Ringga Fendika Arrosyid fakultas ekonomi booylali
  • Dasmadi Dasmadi Universitas Boyolali
  • A. Fidhdiarr Ariestanto Universitas Boyolali
Keywords: Atribut Produk, Brand Image, Harga Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Kebutuhan akan alat transportasi saat ini merupakan kebutuhan primer atau pokok bagi mayoritas masyaraka Indonesiat, kemudahan untuk memiliki moda transportasi dalam hal ini adalah kendaraan bermotor merupakan bentuk yang nyata bahwa sepeda motor saat ini menjadi urgen. Pembelian sepeda motor bisa di dapatkan konsumen dengan cara cash dan juga kredit. Dengan demikian baik pembelian cash maupun dengan cara kredit juga menjadi alasan masyarakat memilih untuk memiliki kendaraan ini, selain itu juga menunjang untuk kebutuhan aktifitas sehari-hari serta membuat perilaku warga yang cenderung sangat konsumtif menaikkan penguna sepeda motor dari waktu ke waktu  semakin bertambah banyak. Brand image, atribut produk, harga adalah 3 faktor yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain sebagai pertimbangan konsumen untuk memutuskan akan membeli sebuah merk kendaraan bemotor tertentu yang ingin dibeli. Riset kali ini bertujuan buat menganalisa sepanjang mana adanya pengaruh brand image terhadap keputusan masyarakat untuk membeli kendaraan bermotor Honda type Beat, buat menganalisa sepanjang mana pengaruh atribut produk terhadap keputusan masyarakat untuk membeli kendaraan bermotor Honda type Beat, serta buat menganalisa pengaruh harga terhadap keputusan masyarakat untuk membeli kendaraan bermotor Honda type Beat yang terjadi pada Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah .

Riset ini adalah riset kuantitatif yang menggunakan survey melalui kuesioner untuk mendapatkan data primer yang disebar kepada para pengguna sepeda motor Honda type Beat yang ada di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Alat penelitian atau instrumen yang digunakan adalah berupa kuesioner. Dimana pilihan jawaban diukur menggunakan skala likert. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis asumsi klasik (uji normalitas, uji heterokedasitas, uji autokorelasi, dan uji multikolinearitas), uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien determinasi, uji F, uji t, dan uji koefisien korelasi. Tingkat kepercayaan pada penelitian ini adalah 95% (taraf eror 5%) Dari data yang diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan software SPSS 26.

Hasil analisis penelitian menyatakan dan menyebutkan bahwa setiap butir pernyataan di instrumen penelitian yang digunakan adalah semua valid dan semua reliabel. Hasil uji asumsi klasik menjelaskan data yang terkumpul terdistribusi normal (sig 0,01< 0,05), tidak terjadi multikolinearitas di mana nilai untuk masing-masing variabel X1, X2, X3 adalah ( VIF=1,757; 1,702; 1,395; Tolerance=0,569; 0,587; 0,717), hasil uji utokorelasi tidak dapat diambil kesimpulan karena nilai 4-dU<d<4-dL (2,3261<2,496<2,5794), dan tidak terjadi heterokedasitas (Sig X1=0,651 > 0,05; Sig X2=0,934 > 0,05; Sig X3=0,294 > 0,05). Hasil uji t menyatakan bahwa brand image (t tabel < t hitung = 0,1506 > 2,013) dan atribut produk (t tabel < t hitung = 0,503 < 2,013) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sementara harga produk (t tabel > t hitung = 2,229 > 2,013) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menyatakan bahwa kualitas brand image, atribut produk, dan harga produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (F tabel > F hitung = 6,570 > 2,81).

Kesimpulan dari penelitian yakni antara lain brand image, atribut produk, secara parsial tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara harga produk secara parsial mempengaruhi secara signifikan  terhadap keputusan pembelian. Hasil uji simultan menjelaskan jika faktor brand image, atribut produk, serta harga produk dengan serentak mempengaruhi secara signifikan atas keputusan pembelian.

 

 

Published
2023-07-12
How to Cite
Arrosyid, R. F., Dasmadi, D., & Ariestanto, A. F. (2023). ANALISIS BRAND IMAGE, ATRIBUT PRODUK DAN HARGA PRODUK TERHADAP PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR HONDA TYPE BEAT TAHUN 2020 DI KABUPATEN BOYOLALI. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 38-49. https://doi.org/10.36596/ekobis.v11i1.635
Section
Articles