PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN POTONGAN HARGA TERDADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH KOSMETIK (Studi Kasus Pada Keputusan Pembelian Produk Wardah Kosmetik Di Toko Eviaa Cosmetik Kartasura)

  • Sinta Fatonah Larasati Fakuktas Ekonomi Universitas Boyolali
  • Unna Ria Safitri Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
  • Listyowati Puji Rahayu Fakuktas Ekonomi Universitas Boyolali
Keywords: Kualitas Produk, Promosi, Potongan Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan, supaya dapat mengetahui dan menganalisis tentang pengaruh kualitas produk, promosi dan potongan harga terhadap keputusan pembelian produk Wardah kosmetik di Toko Eviaa Cosmetik Kartasura. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan, populasi dalam penelitian ini konsumen yang melakukan pembelian di Toko Eviaa Cosmetik Kartasura. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dengan sampel sebanyak 100 responden dan menggunakan metode Accidential Sampling.

Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif sedangkan analisisnya menggunakan analisis deskriptif studi kasus. Pengujian instrumen data melalui uji validitas dan reliabilitas untuk analisis data berupa uji normalitas, multikolinearitas, uji heterokedastistas dan uji autokolerasi. Untuk pengujian hipotesis bertujuan untuk mengetahui apakah antara variabel mempunyai hubungan yang signifikan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bahwa variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dapat dibuktikan dengan nilai t hitung 2.507 > t tabel  1.984 dan nilai Sig. 0.014 < Sig. 0.05 yang artinya signifikan. Sedangkan variabel promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dapat dibuktikan dengan nilai t hitung 1.983 < t tabel  1.984 dan nilai Sig. 0.050 >Sig. 0.05 yang artinya tidak signifikan. Untuk variabel potongan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dapat dibuktikan dengan nilai t hitung 9.674 > t tabel  1.984 dan nilai Sig. 0.000 < Sig. 0.05 yang artinya signifikan. Nilai F hitung 120.158 > F tabel 2.70 dengan tingkat α (alfa) = 5% (0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima Karena nilai Sig. = 0,000 < α = 0,05. Maka disimpulkan semua variabel independen secara simultan mempengaruhi variabel dependen. Sedangkan hasil uji R2 terdapat pengaruh anatara variabel kualitas produk, promosi dan potongan harga terhadap keputusan pembelian yaitu 79% dan sisanya 21% dijelaskan oleh variabel lain misalnya kepuasan pelayanan, lokasi dan sebagainya selain variabel yang diteliti.

Published
2021-12-30
How to Cite
Larasati, S. F., Safitri, U. R., & Rahayu, L. P. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN POTONGAN HARGA TERDADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH KOSMETIK (Studi Kasus Pada Keputusan Pembelian Produk Wardah Kosmetik Di Toko Eviaa Cosmetik Kartasura). EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), 184-193. https://doi.org/10.36596/ekobis.v9i2.595
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)