Kode Etik Dosen

Etika Umum Dosen

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esaserta menghayati dan mengamalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, berbakti dan taat kepada bangsa, negara, dan pemerintah Indonesia serta kewibawaan dan nama baik universitas.
  2. Mengutamakan kepentingan universitas dan masyarakat dari pada kepentingan pribadi atau golongan dan berkewibawaan menggali, mengembangkan, menghayati dan mengamalkan suatu falsafah yaitu “Ilmu-Amal-Sholeh” berpikir, bersikap, dan berperilaku sebagai anggota masyarakat ilmiah, berbudi luhur, bersemangat bertanggung jawab dan menghindari perbuatan tercela,antara lain perbuatan plagiat.
  3. Bersikap terbuka dan menjunjung tinggi kejujuran akademik serta menjalankan tugas profesi dengan sebaik-baiknya. Berdisiplin, Bersikap rendah hati, peka, hati-hati dan menghargai pendapat orang lain.
  4. Memegang rahasia negara dan rahasia jabatan, serta tidak menyalahgunakan jabatan, menolak dan tidak menerima sesuatu pemberian yang nyata-nyata diketahui dan patut diduga secara langsung atau tidak langsung berhubungan secara tidak sah dengan profesinya.
  5. Mempertahankan batas kewenangan dan tanggung jawab ilmiah dalam menggunakan kebebasan mimbar akademik, serta tidak melangkahi wewenang keahlian atau wewenang teman sejawatnya, menghormati sesama pimpinan, dosen, dan karyawan serta berusaha meluruskan perbuatan tercela dari teman sejawat.
  6. Membimbing dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan, mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan, dan teknologi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pengetahuan, dan teknologi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta membimbing dan mendidik mahasiswa kearah pembentukan kepribadian insan terpelajar yang mandiri dan bertanggung jawab.
  7. Bersikap dan bertindak adil terhadap mahasiswa, menjaga/memelihara kehormatan dan kesehatan dirinya, mengikuti, mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi dengan bidangnya, mematuhi semua peraturan serta tata tertib yang berlaku di universitas.
  8. Tidak melakukan plagiat dengan segala bentuknya.
  9. Memiliki sikap kepemimpinan ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, dan tut wuri handayani.
  10. Menggunakan dan memelihara barang-barang inventaris dengan sebaik-baiknya
  11. Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada mahasiswa, dosen, dan masyarakat.
  12. Menaati peraturan yang ditetapakan yang berlaku
  13. Bekerja dengan jujur, tertib, cermat, dan bersemangat untuk kepentingan negara.
  14. Melaporkan dengan segera kepada atasannya apabila mengetahui ada hal yang dapat membahayakan atau merugikan institusi terutama di bidang keamanan, keuangan, dan materiil.
  15. Masuk kerja dan menaati ketentuan jam kerja.
  16. Mencapai sasaran kerja pegawai yang ditetapkan.
  17. Menggunakan dan memelihara barang-barang milik institusi dengan sebaik-baiknya.
  18. Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat.
  19. Membimbing staff dalam melaksanakan tugas.
  20. Memberikan kesempatan kepada bawahan untuk mengembangkan karier.