Mujudkan Polri Profesional, Polres Boyolali Gandeng Univertas Boyolali

BOYOLALI,UBY- Puluhan mahasiswa UBY, anggota organisasi masyarakat (Ormas) dan awak media untuk menjadi responden dalam program Survei Indeks Tata Kelola (ITK) Online Polri bersama Kapolres Boyolali AKBP Rachmad Nur Hidayat  di Aula Bhara Merapi Polres setempat.

Kegiatan itu diprakarsai Polres Boyolali dan  tim dari Universitas Boyolali (UBY) dengan penandatanganan MoU sebelumnya. Tim surve yang diketuai Dr. Nanik Sutarni (Dekan Fakultas Hukum Universitas Boyolali) ini menghadirkan 40 responden eksternal dan 43 responden internal untuk mengisi kuisioner pagi hingga siang.

Kapolres Boyolali AKBP Rachmad Nur Hidayat menyampaikan, ITK (Indeks Tata Kelola) Online Polri berbasis web ini bertujuan untuk mewujudkan aparatur Polri bersih dan bebas dari KKN serta meningkatkan kualitas pelayanan prima kepolisian, peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja melalui ratusan indikator yang telah ditentukan.

“ITK ini sangat penting demi mewujudkan aparatur Polri yang bebas KKN,”kata Kapolres Rabu, (20/5/2020) pagi di Polres Boyolali.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, bahwa ITK menjadi landasan bagi pengambilan kebijakan berdasarkan bukti dan alat perbandingan kinerja yang obyektif, adil dan akurat. Dengan menggunakan kerangka konseptual yang terdiri dari 7 prinsip yang mendasar antara lain prinsip kompetensi, responsi, perilaku, transparan, fairness, efektivitas dan prinsip akuntabilitas.

“Setelah adanya kegiatan ini kita bisa melakukan koreksi dimana yang dianggap kurang maka akan kita perbaiki supaya menjadi lebih baik dari sebelumnya, bisa melayani dan mengayomi masyarakat untuk lebih baik lagi,”jelas Kapolres.(uby).