Dosen, Staf, Dan Mahasiswa UBY Ikuti Pelatihan Jurnalistik

BANYAK MANFAAT : Pelatihan jurnalistik di kampus Universitas Boyolali (UBY), baru-baru ini. (Foto suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)

BOYOLALI, suaramerdeka.com – Sejumlah dosen, staf, dan mahasiswa Universitas Boyolali (UBY) mengikuti pelatihan jurnalistik di kampus setempat, belum lama ini.

Selain mendapatkan teori, seperti penulisan rilis, berita (straight news), dan penulisan artikel/opini dari pembicara, mereka juga praktik langsung menulis berita untuk mengaktualisasikan teori yang didapat.

Materi penulisan berdasarkan pengalaman mereka di orgamisasi, baik sebagai mahasiswa, dosen, maupun staf di universitas.

Hasil penulisan berita para peserta pelatihan langsung dikoreksi oleh pemakalah, sehingga bisa diketahui kesalahan dan kekurangannya, untuk perbaikan. Dari koreksi itu bisa disimpulkan, sebagian besar peserta bisa langsung memahami penulisan jurnalistik, terutama penulisan straight news yang berpegang pada kaidah 5W+1H, serta mengedepankan data dan fakta.

“Saya kira menulis berita itu angel banget. Setelah tahu teorinya dan ada yang membimbing, ternyata tidak sulit,” kata salah seorang peserta.

Wakil rektor I bidang akademis dan kemahasiswaan UBY, Saiful Bahri berpesan pada para peserta untuk sesering mungkin menulis kegiatan-kegiatan yang diikuti dan diselenggaran sendiri.

Tulisan dalam bentuk berita bisa dikirim ke web UBY, yakni uby.ac.id. Sedang rilis kegiatan bisa dikirim ke media massa, baik cetak maupun online. Bagi para dosen, Saiful mendorong  mereka agar sering menulis artikel atau opini, baik untuk media internal universitas maupun media massa.

“Kalau kegiatan kampus kita banyak diberitakan serta dibaca dan diketahui banyak masyarakat, otomatis branding UBY akan terangkat,” katanya.


(Langgeng Widodo/CN19/SM Network)

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/123941/dosen-staf-dan-mahasiswa-uby-ikuti-pelatihan-jurnalistik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *